Arti gacor memiliki perbedaan pada setiap penggunaanya. Hal ini tentunya sesuai dengan konteks penggunaan istilah tersebut. Penggunaan gacor yang biasanya dipakai pada masyarakat umum biasanya digunakan sebagai bahasa gaul oleh anak muda.
Gacor merupakan singkatan dari "garing corong." Istilah ini berasal dari bahasa Jawa yang digunakan dalam konteks burung berkicau, seperti burung kicauan atau burung-burung pemilik suara yang merdu dan jernih. Namun, dalam bahasa gaul, arti gacor adalah bagus, keren, atau luar biasa.
Sebelum dikenal sebagai bahasa gaul, kata gacor sebenarnya merupakan singkatan dari "garing corong" yang dalam bahasa Jawa biasanya berkaitan dengan burung yang berkicau. Mulanya, gacor digunakan untuk menyebut burung yang berkicau dengan suara jernih dan merdu.
Apabila konteksnya adalah ojek online (ojol), maka arti gacor adalah gampang cari oderan. Istilah ini umum dipakai para ojol yang cepat dan mudah dalam mendapat oderan dari pelanggan.
Namun, dalam bahasa gaul, arti kata gacor adalah bagus, keren, atau luar biasa. Kata ini umumnya digunakan untuk menyatakan serta memuji suatu objek yang sekiranya keren dan bagus. Contoh ...
Gacor adalah akronim dari 'garing congor' dalam bahasa Jawa, digunakan untuk memuji sesuatu yang bagus atau keren. Istilah gacor sering digunakan dalam obrolan sehari-hari untuk memberikan pujian kepada suatu objek yang dianggap luar biasa.
Gacor dalam konteks ini memiliki kepanjangan, yakni ‘Gampang Cari Orderan.’. Selanjutnya, berdasarkan Kamus Besar Bahasa Indonesia V, gacor memiliki arti yang berkaitan dengan kicauan burung. Secara lengkapnya gacor dalam bahasa Indonesia memiliki arti berkicau di setiap tempat dan waktu.